Connect with us

Ilmu

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Published

on

Cara Memulai Startup: Langkah Awal – Kepopuleran startup seperti Apple dan Google di Silicon Valley serta banyaknya startup sukses di Indonesia seperti Go-Jek, Tokopedia dan Traveloka telah menginspirasi lahirnya startup-startup baru di berbagai negara termasuk Indonesia. Jika Anda ingin membuat startup tetapi tidak tahu cara memulainya, bacalah langkah-langkah startup untuk pemula ini.

Dalam daftar 10 cara membangun startup ini, kami telah mengumpulkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun startup yang sukses. Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda tahu harus mulai dari mana, kapan harus meluncurkan produk, menambah tim, atau meningkatkan skala. Kembangkan bisnis startup Anda. Kami mengambil pelajaran ini dari sistem yang disebut Y Combinator. Mari latih diri kita untuk menyiapkan startup pertama Anda secepat mungkin dengan panduan berikut;

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Pada akhirnya, hanya perusahaan rintisan yang merespons kebutuhan pasar dan menggunakan serta menggunakan produk atau layanan mereka sesuai kebutuhan yang akan bertahan. Jadi, sebagai seorang pendiri Anda perlu mengetahui masalah apa yang harus Anda tangani dan berhati-hati dalam menghadapinya. Misalnya, startup Gojek menangani masalah transportasi umum; Gojek dan Gokar sangat dibutuhkan di pasar.

Kiat Sukses: Cara Mendapatkan Investor Dan Permodalan Untuk Bisnis Startup Anda

Saat itu, 2010-2014, mobilisasi masyarakat sulit, ojek dan taksi mahal, dan tidak ada penilaian nominal tarif angkutan. Begitu sampai di tempat tujuan, harganya terkadang tidak wajar karena tidak sesuai dengan jarak yang ditempuh. Melihat permasalahan tersebut, Gojek memanfaatkan kesempatan tersebut dan seperti yang Anda ketahui, start up ini menjadi sukses dengan layanan transportasi online mulai dari Gojek, Gocar dan layanan baru lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki masalah yang ingin Anda selesaikan, karena dari situ Anda bisa mendapatkan ide untuk bisnis startup. Di sini Anda perlu mengingat bahwa Anda harus memasuki profesi yang Anda kenal atau minati untuk memecahkan masalah.

Apa pembagian di sini? Itu berarti Anda perlu mencari teman, atau lebih baik lagi, menemukan rekan pendiri potensial Anda untuk “melakukan brainstorming” ide-ide startup Anda. Sebaliknya, adalah kehendak rakyat bahwa pendapat harus dilindungi dan dirahasiakan. Karena pasar tidak pernah memenuhi harapan Anda (saya sendiri pernah mengalaminya).

Buat hipotesis tentang mengapa startup Anda akan berhasil dan di mana kegagalannya jika kemungkinan besar akan gagal. Informasi apa yang Anda butuhkan dari target pasar Anda? Semakin dalam Anda menganalisis, semakin banyak kegagalan yang dapat Anda harapkan.

Langkah Awal Membuat Startup Di Tahun 2021

Ingat bagian yang paling penting, kita harus jujur ​​pada diri sendiri, sering kali kita menipu diri sendiri sehingga langkah yang salah jelas terkadang tidak terlihat. Anda harus berhati-hati dalam hal ini karena pasar tidak mendengarkan pendapat kami. Pasar hanya peduli apakah produk Anda bisa menyelesaikan masalah mereka atau tidak.

Langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan ide bisnis startup Anda. Pada awalnya, Anda mungkin ragu apakah ide yang Anda sajikan berhasil, menguntungkan, atau dibutuhkan di pasar.

Itu sebabnya Anda perlu menerapkan ide tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan data dari hasil eksekusi konsep dari umpan balik pengguna, seberapa besar penetrasi akuisisi pasar yang dimiliki produk atau layanan pada awalnya, dan data penting lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi ide bisnis. melakukan

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Setelah itu, Anda dapat menganalisa dan mengambil keputusan bisnis apakah akan mengejar atau meninggalkan ide tersebut. Anda dapat mewujudkan impian bisnis startup Anda dengan menerapkan ide awal Anda dengan berani.

Pelajari 5 Hal Yang Bisa Mengubah Startup Kamu Jadi Unicorn

Jika 90 persen keputusan kita salah, yang terpenting adalah belajar dari kesalahan kita. Kita hanya bisa belajar dari kesalahan kita dan tidak mengulanginya di masa depan.

Fokuskan semua sumber daya Anda – uang, waktu, energi, dan ide – untuk melaksanakan dan memikirkan langkah selanjutnya. Jangan fokus pada pengeluaran yang awalnya terlihat bagus. dan legalisasi badan hukum. Semua ini bisa diurus nanti setelah model bisnis Anda terbukti.

Pada akhirnya, meskipun Anda memiliki banyak uang yang ditabung, Anda dapat menghemat uang sesedikit mungkin. Saran kami tetap berlaku jika Anda, para pendiri, perlu menghemat uang pada tahap awal. Berfokuslah untuk membuktikan adanya kebutuhan akan produk tersebut sejak awal

Meyakinkan teman untuk bergabung dengan Anda dalam startup yang akan Anda buat adalah langkah sukses kecil karena seseorang percaya pada ide Anda, tetapi di sini Anda harus kritis. Anda harus membedakan orang-orang yang bergabung karena percaya dengan sudut pandang Anda atau karena bersimpati dengan Anda. Jadi, sekali lagi penting untuk jujur ​​pada diri sendiri.

Strategi Bisnis Startup Yang Tepat Untuk Kamu

Jika mereka tidak tertarik dengan pekerjaan atau tidak bekerja sekeras Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak berdedikasi seperti Anda. Ini bisa menjadi pertanda buruk.

Daripada membuang waktu membuat rencana bisnis 1 bulan, lebih baik membuat rencana 3 hari sederhana dan menerapkannya. Dengan metode seperti itu, Anda dapat dengan cepat mendapatkan umpan balik atas kreasi Anda, mengapa tidak?

Saat mengembangkan rencana bisnis, Anda tidak boleh berinteraksi dengan pasar/pengguna potensial. Di mana mereka memutuskan apakah Anda berhasil atau tidak. Inilah mengapa kebanyakan orang gagal karena terlalu lama menyelesaikan proyek yang mereka miliki.

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Perencanaan tidak harus sempurna, yang terpenting adalah kita belajar beradaptasi dengan masalah pasar yang Anda selesaikan. Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat membuat prototipe untuk aplikasi Anda.

Tips Sukses Mengumpulkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Saya menyarankan Anda, pertama-tama Anda harus menargetkan pasar yang spesifik dan kecil dan berkembang dari sana. Saya melihat pemikiran ini di AirBnb, Uber, Go-Jek (yang merupakan go-ride) dan banyak startup lain yang berhasil menggunakan pendekatan yang sama. Hal ini juga dibahas dalam buku “Zero to One” karya Peter Thiel, salah satu pendiri PayPal.

Kita juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang pasar/pengguna yang akan Anda masuki. Lebih baik tidak langsung membuat aplikasi yang sudah jadi, tetapi melakukan tes kecil yang disebut MVP.

Inti dari MVP adalah bahwa tujuan Anda bukanlah untuk langsung sukses dalam membangun sebuah aplikasi, tetapi untuk fokus mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari pasar yang akan Anda masuki. Jadi biaya akan sangat kurang. Tujuan dari MVP ini adalah untuk mendapatkan penghasilan pertama Anda. Kami sudah mengulas apa itu MVP.

Ini sangat penting sebagai langkah awal dalam membuat startup, karena di sini Anda akan belajar bukan hanya teori, tetapi juga sentimen pasar yang sebenarnya.

Cara Membeli Franchise Dengan Benar Hanya Dalam 8 Langkah Saja

Untuk menentukan apakah fase MVP Anda berhasil, saya sarankan membaca artikel kami yang ditautkan di atas, yang membahas MVP terlebih dahulu. Jika fase MVP berhasil, jelas Anda akan menyadari bahwa ada peluang yang Anda kejar di segmen pasar ini. Maka Anda harus fokus pada peningkatan kemampuan Anda untuk melayani Dia.

Untuk pemula (belum berpengalaman) pendiri startup, Anda tidak perlu fokus mencari investor. Fokus pada peningkatan produk Anda. Menurut saya, begitu Anda memasuki fase di mana Anda fokus pada ekspansi, startup ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

Bagi Anda yang masih menghasilkan 0 dolar, itu artinya mereka belum menang. Lebih baik tidak fokus mencari dana karena ini akan menjadi pendekatan yang salah. Kembali ke poin terakhir saya, kita perlu memfokuskan seluruh energi kita pada produk, bukan mencari investor. Jika Anda masih menganggap investasi ini penting sebagai langkah awal membangun startup, berarti Anda masih belum memahami maksud MVP.

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Jika Anda merasa mumpuni atau ingin belajar cara mendapatkan investor. Anda dapat membaca artikel kami tentang tips mendapatkan investor untuk startup

Cara Jitu Startup Mendapatkan Klien Bisnis Yang Lebih Baik

Di satu sisi, Anda senang karena pengguna mengunjungi aplikasi/webapp Anda setiap hari dan menggunakan layanan Anda, pendapatan tumbuh sangat cepat dan Anda dapat melihat bahwa Anda adalah startup paling populer di Indonesia.

Di sisi lain, karena semakin banyak pengguna yang masuk, aplikasi dan server Anda mungkin sering mogok, dan semuanya perlu diskalakan dengan sangat cepat. Di sini peran programmer atau CTO yang baik akan menentukan apakah startup Anda bisa sukses atau tidak.

Jika Anda sudah memasuki tahap ini, selamat. Tidak perlu waktu lama bagi investor dan VC terkemuka untuk menghubungi Anda. Mereka benar-benar ingin melihat startup apa pun berhasil dan berkembang, jadi saya sarankan Anda tidak fokus mencari investor, tetapi fokus pada apa yang dibutuhkan pengguna dan pelanggan Anda.

Jika Anda mencoba 10 cara membuat startup yang kami tuliskan dalam artikel ini, kami tidak dapat menjamin Anda akan langsung berhasil, karena membuat startup bukanlah tugas yang mudah.

Langkah Memulai Bisnis Startup Yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Saja?

Jika Anda memiliki masalah atau ingin berbicara tentang startup dan memberikan saran, Anda dapat bertanya langsung kepada kami. Melalui tombol hijau di bawah ini. Saya benar-benar akan menjawab pertanyaan Anda.

ORDO menyediakan MVP dan pengembangan aplikasi untuk para pendiri yang memasuki dunia startup, dan proyek tersebut tidak memiliki co-founder atau CTO.

Kunjungi website kami atau artikel kami lainnya untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia startup ini. Hubungi kami kapan saja untuk sesi konsultasi terkait ide startup Anda. Datang dan belajar di Akademi kapan saja, di mana saja. Kursus kejuruan. Dapatkan sertifikat saat Anda selesai!

Cara Memulai Startup: Langkah Awal

Apakah Anda memiliki ide bisnis yang hebat dan ingin membangun startup? Startup adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis, mengekspresikan kreativitas Anda, dan meraih kesuksesan.

Tips Membuat Bisnis Startup Bagi Pemula

Apa sebenarnya startup itu? Bagaimana cara membangunnya? നിങ്ങൾക്കായി ഒരു സ്റ്റാർട്ടപ്പ് എങ്ങനെ സൃഷ്ടിക്കാം എന്നതിനെക്കുറിച്ചുള്ള പൂർണ്ണമായ വിശദീകരണം ഇതാ. ശ്രദ്ധിച്ച് കേൾക്കുക.

இன்வெஸ்டோபீடியாவின் கூற்றுப்படி, ஸ்டார்ட்அப் என்பது ஒன்று அல்லது அதற்கு மேற்பட்ட தொழில்முனைவோரால் தொடங்கப்பட்ட ஒரு நிறுவனம் ஆகும், அவர்கள் தேவை இருப்பதாக அவர்கள் நம்பும் ஒரு தயாரிப்பு அல்லது சேவையை உருவாக்க விரும்புகிறார்கள். இதற்கிடையில், ஃபோர்ப்ஸ் கன்சல்டிங்கின் படி, ஸ்டார்ட்அப்கள் வழக்கமாக தனித்துவமான தயாரிப்புகள் அல்லது சேவைகளை வழங்குகின்றன மற்றும் உருவாக்குகின்றன, அவை உண்மையிலேயே புதுமையானவை மற்றும் வாடிக்கையாளர்களுக்கு ஈடுசெய்ய முடியாதவை.

மற்ற நிறுவனங்களைப் போலவே, ஒரு தொடக்கத்தைத் தொடங்க உங்களுக்கு மூலதனம் தேவை. மூலதனத்தைக் கண்டுபிடித்து திரட்ட பல வழிகள் உள்ளன. மூலதனம் பொதுவாக ஆர்வமுள்ள முதலீட்டாளர்களிடமிருந்து பெறப்படுகிறது

Langkah awal memulai diet, langkah awal dalam memulai usaha, langkah awal untuk memulai usaha, langkah awal memulai bisnis, langkah awal memulai bisnis online, langkah awal untuk memulai bisnis, langkah awal memulai usaha, langkah awal memulai investasi saham, langkah awal memulai usaha online, langkah awal memulai usaha makanan, langkah awal memulai trading, langkah awal untuk memulai diet

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *